Thursday, December 10, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Sekolah di SMA / SMU

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah di SMA


Setelah anda lulus sekolah SMP / SLTP tentunya pasti akan melanjutkan ke jenjang sekolah selanjutnya kan? Nah, apakah anda pernah merasa galau atau bingung ketika harus memilih jurusan SMA atau SMK? Nah, supaya mengobati kebimbangan dan kegalauan anda penulis membuat artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Sekolah di SMA / SLTA / SMU. Kemarin penulis juga sudah menuliskan artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Sekolah di SMK / STM / Sekolah Kejuruan. Oke tanpa lama – lama langsung aja cekidot.

Kelebihan dan Manfaat Sekolah di SMA :
  1. Merupakan langkah awal yang tepat bagi anda yang ingin meneruskan atau melanjutkan kuliah. SMA adalah sekolah lanjutan yang didalamnya digunakan untuk menyiapkan generasi bangsa yang siap bersaing untuk kuliah.
  2. Biaya untuk sekolah di SMA cukup murah dibandingkan dengan SMK, sebab di SMK para siswanya disiapkan untuk siap bekerja sehingga selain belajar tentang materi siswanya juga belajar tentang praktikum serta magang di tempat kerja. Apalagi saat ini progam pemerintah wajib belajar 12 tahun sehingga boleh dibilang sekolah di SMA itu gratis.
  3. Lebih banyak ilmu pengetahuan yang didapat, hal ini disebabkan karena materi pelajaran di SMA lebih banyak dan lebih luas dibandingkan dengan SMK. Hal ini dikarenakan juga agar wawasan para siswanya semakin terbuka dan siap dengan berbagai cara  untuk sukses menimba ilmu selanjutnya di bangku kuliah.
  4. Pergaulan yang sehat. Hal ini disebabkan karena komposisi antara siswa laki – dan siswa perempuan hampir seimbang dibandingkan dengan SMK yang mayoritas siswa siswinya hanya laki – laki saja atau perempuan saja serkaitan dengan jurusan yang mereka ambil.
  5. Meskipun lulus SMA tidak melanjutkan kuliah, anda tetap bisa untuk bekerja. Banyak perusahaan atau tempat kerja yang menerima atau membuka kesempatan berkasir dan lowongan kerja bagi lulusan SMA.
  6. Mudah untuk memperoleh beasiswa baik karena pandai maupun karena beasiswa kurang mampu. Pemerintah sangat menghargai anak bangsanya yang pandai dan semangat untuk sekolah meskipun berasal dari keluarga tidak mampu.

Contoh foto anak SMA Indonesia Jaman Sekarang

Kekurangan dan Resiko Memilih Sekolah di SMA :
  1. Kurang dipersiapkan untuk bersaing di dunia pekerjaan. Hal ini sesuai yang dibahas diatas bahwa sekolah di SMA merupakan persiapan anda untuk kuliah.
  2. Terlalu banyak tugas merupakan salah satu resiko anda sekolah di SMA. Hal ini dikarenakan sekolah di SMA itu para siswanya dilatih untuk disiplin dan bekerja keras dan selalu berfikir kritis dan berkonsentrasi.
  3. Sedikit waktu untuk bersantai dan bermain. Hal ini disebabkan karena akan banyak waktu anda yang dihabiskan untuk les privat atau bahkan bimbingan belajar diluar sekolah.

Kegiatan Paskibra Anak SMA Terbaru

Itulah yang bisa sedikit penulis bagikan untuk para pembaca setia lebihkurang, semoga bisa menjadi tambahan wawasan untuk anda para orang tua dan teman – teman siswa SMP untuk bisa menentukan pilihannya untuk lanjut sekolah di SMA atau SMK. 
Semoga bermafaat..

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Sekolah di SMA / SMU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment