Wednesday, December 2, 2015

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Guru / Pengajar / Dosen

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Guru
Cita-cita kebanyakan anak ketika ditanya oleh seseorang adalah "kalo aku sudah besar ingin bercita-cita menjadi guru" atau "jika aku besar ingin menjadi dokter". Sedikit sekali anak - anak yang jika besar ia ingin menjadi pengusaha, perawat, petani, pedagang atau yang lainnya. Nah, oleh sebab itu penulis sangat tertarik untuk membahas tentang apa sih sebenarnya kelebihan dari profesi guru itu? lalu adakah kelemahan dari menjadi seorang guru?

Oke langsung saja kita bahas satu persatu tentang kelebihan dan kekurangan menjadi seorang guru ya..

Kelebihan Bekerja Menjadi Guru :

  1. Menjadi guru itu otomatis membentuk pribadi kita yang penyayang, ramah, intelek dan berwibawa. Hal ini terjadi sebab guru itu contoh bagi para siswanya, sehingga mau tak mau seorang guru harus berkepribadian yang baik.
  2. Menjadi guru itu sebuah anugrah, sebab kita akan setiap hari bertemu dengan anak - anak yang begitu menyenangkan dan mampu memberikan kesenangan tesendiri.
  3. Gaji seorang guru PNS mempunyai kedudukan yang cukup tinggi loh dibandingkan dengan profesi PNS yang lainnya, sebab saat ini guru PNS ada tunjangan sertifikasi jabatan,sehingga gaji yang guru terima itu dua kali lipat dari gaji pokoknya, belum ditambah dengan tunjangan - tunjangan yang lainnya.
  4. Pekerjaan guru itu selain sebuah profesi juga sebuah bentuk ibadah dan pengabdian kita terhadap negara. Jadi selain kabahagiaan di dunia, jadi guru juga insyaAlloh akan bahagia di akhirat, sebab berkat tangan dan ucapan seorang guru mampu mengantarkan seseorang dari yang tidak tahu apa - apa menjadi pandai dan berpendidikan.
  5. Menjadi guru membuat ilmu kita semakin bertambah dan otak kita menjadi sehat, sebab hampir setiap hari kita mengasah dan menggunakan otak kita untuk berfikir dan mengajarkan pengetahuan yang dimiliki.
  6. Lowongan kerja guru di Indonesia masih sangat terbuka lebar, baik di SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS maupun MAN, baik di negeri maupun swasta. Kesempatan lowongan kerja guru honorer dan PTT juga sangat besar. Jadi sangat jarang sekali kita jumpai lulusan guru yang menganggur. Sekolah di Indonesia setiap satu kecamatan bisa lebih dari 50 sekolah dasar, sehingga guru Sekolah Dasar itu kesempatannya masih sangat besar.
  7. Jenjang pendidikan guru cukup dihargai di Indonesia, mulai dari D2, S1, S2, hingga S3.
  8. Enaknya menjadi guru itu bisa disambi dengan pekerjaan yang lainnya seperti bertani, berdagang, menjadi guru les atau privat, atau yang lain sebagainya. sebab jam kerja guru hanya sampai jam 14.00 WIB.
  9. Hari libur guru dibandingkan dengan profesi yang lain jauh lebih banyak. Sehingga waktu bersama keluarga lebih banyak.
Kekurangan Bekerja Menjadi Guru :

  1. Bekerja menjadi guru bagi seseorang yang tidak berpassioan menjadi guru akan terasa berat dan seperti beban, sebab ia setiap hari harus melakukan pekerjaan yang sama dan harus bergelut dengan materi dan materi. Bagi sebagian orang menjadi guru atau pengajar juga menjadi hal yang membosankan.
  2. Berbeda dengan pekerjaan yang lainnya guru itu sampai rumahpun masih dibawa juga pekerjaan rumah. banyak tugas - tugas sekolah yang harus ia kerjakan, membuat soal, mengkoreksi hasil pekerjaan siswa, membuat materi untuk hari berikutnya.
  3. Untuk masalah gaji, gaji guru khususnya yang masih honorer cenderung masih dibawah rata - rata dibandingkan profesi yang lain. Kecuali jika anda mau bekerja di sekolah swasta. Sebab untuk menjadi guru PNS itu perlu kesabaran dan pengorbanan yang besar, dan tidak setiap orang guru bisa meraihnya.
  4. Kesempatan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari guru cukup besar memang, namun persaingannya cukup ketat, sebab masih banyak sekali lulusan guru yang masih belum menjadi PNS.
  5. Menjadi guru harus siap berperilaku yang baik setiap saat sebab kelakuan anda akan menjadi teladan dan ditiru oleh anak - anak didik anda.
  6. Foto guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  7. Menjadi guru harus siap dengan berbagai jenis pemberkasan dan peraturan, khususnya guru yang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dengan adanya kelebihan dan kekurangannya menjadi seorang guru itu, semoga anda para siswa atau orang tua yang ingin mengarahkan pendidikan yang terbaik bagi anak - anaknya tulisan ini bisa menjadi sedikit pedoman yang mudah - mudahan bisa membantu anda untu menentukan referensi pekerjaan yang baik untuk anda atau anak anda.. Dengan banyaknya kelebihan menjadi seorang guru, sehingga sampai saat ini profesi guru masih menjadi incaran atau cita - cita sebagian besar orang Indonesia. Semangatlah bagi yang sudah menjadi guru, karena jasamu kami bisa membaca dan menulis serta bisa pandai dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Kami akan selalu mengenang jasa - jasamu selama ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Guru / Pengajar / Dosen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment