Monday, May 23, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Mudik/Bepergian Menggunakan Kereta Api

Kelebihan dan Kekurangan Alat Transportasi Kereta Api
 Mudik adalah suatu aktivitas kembali ke daerah asal untuk bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga di kampung halamannya. Sejak jaman dahulu hingga sekarang mudik masih menjadi aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu oleh para perantau. Lalu kapan sih waktu mudik yang tepat? Mudik seringkali dilakukan pada saat libur panjang seperti libur Lebaran, Natal & Tahun Baru serta libur anak sekolah. Ketika anda sudah memutuskan untuk mudik tentunya anda sudah siap donk dengan moda transportasi yang bakal anda gunakan untuk mudik? Nah salah satu alat transportasi untuk mudik ke kampung halaman adalah kereta api. Meskipun masih banyak moda transportasi yang lain yang bisa anda gunakan seperti: Mobil, Bus, Sepeda motor, Pesawat terbang dan Kapal laut. Dari masing-masing alat transportasi tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Nah pada kesempatan ini penulis akan berbagi tentang Kelebihan dan Kekurangan Mudik / Bepergian Menggunakan Kereta Api.

Kelebihan (Keunggulan) Mudik Menggunakan Alat Transportasi Kereta Api:

  1. Hal yang paling utama anda rasakan ketika mudik / bepergian menggunakan kereta api adalah kenyamanan. Ketika anda menggunakan kereta api maka anda akan mendapatkan pelayanan yang ramah dan baik, tempat duduk yang enak serta bau ruangan gerbong yang wangi.
  2. Mudik menggunakan kereta api dapat mempersingkat waktu. Ya, ternyata setelah penulis bandingkan antara menggunakan kereta apai dan bus / mobil untuk menempuh jarak yang sama maka kereta api jauh lebih cepat dibandingkan mobil & bus. Waktu yang disingkat bisa lebih dari 4-6 jam loh, lumayan kan?
  3. Harga tiket kereta api lebih murah dibandingkan dengan tiket bus / atau tiket travel. Jika anda ingin mudik / bepergian namun uang anda pas-pasan maka pilihan alat transportasi yang tepat adalah kereta api. dengan duit kurang dari 100.000 untuk saat ini tahun 2016 anda sudah bisa pergi dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya. Berbeda dengan ketika anda menggunakan travel atau bus, anda pasti akan mengeluarkan duit rentang 200.000 - 400.000. Lebih hemat kan? hehe
  4. Keamanan di kereta api lebih terjamin. Untuk saat ini pelayanan penumpang di kereta api sudah sangatlah rapi, tidak seperti dahulu yang semrawut, banyak pedagang asongan, tukan bersih-bersih dan bahkan pengemis dan pengamen ada di kereta api. Namun untuk saat ini tengoklah, tempat duduk yang sudah rapi tiap satu tempat duduk satu orang, tidak ada penjual asongan, apalagi pengamen dan polisi yang selalu berjaga-jaga menjaga ketentraman di kereta api. 
  5. Naik kereta api anti macet. Ya, benar sekali. Meskipun anda mudik di hari lebaran yang hampir kesemuanya meninggalkan kota besar dan menuju ke kampung halaman masing-masing hingga memenuhi jalan raya, namun jika anda mudik menggunakan kereta api maka dijamin anda tidak akan mengalami macet-macetan dan panas-panasan serta hujan-hujanan. Jalan kereta api tidak ada lampu merah, sehingga kereta api tidak akan sering berhenti. Kereta api anti macet disebabkan juga karena kereta api mempunyai jalur sendiri.
  6. Kereta api memiliki fasilitas yang kian lengkap. Jika anda mengharapkan restauran, toilet, tidur, obat-obatan maka naik kereta adalah pilihan yang tepat.
  7. Tiket kereta api bia dipesan dimanapun dan kapanpun tanpa anda haru mendatangi loket-loket penjualan tiket. Dengan kecanggihan tekhnologi seperti sekarang ini, memesan tiket kereta api dapat anda lakukan dirumah anda sendiri baik siang maupun malam hanya dengan handphone atau gadget anda. Mudah bukan?
  8. Resiko kecelakaan relatif kecil. Ya, sedikit atau bahkan jarang sekali terdengar berita berita tentang kecelakaan kereta atau tabrakan kereta. Sehingga mudik menggunakan kereta merupakan pilihan yang tepat.
  9. Kelebihan kereta api, yaitu kenyamanan penumpang
  10. Saat ini tiket kereta api dapat dipesan 90 hari sebelum jadwal keberangkatan. Untuk mengantisipasi anda kehabisan tiket kereta, maka jauh-jauh hari sebelum anda bepergian anda bisa memperoleh tiket kereta painya terrlebih dahulu. Jika anda tidak jadi berangkat pada waktu yang tertera di tiket maka tiket tersebut dapat anda kembalikan / batalkan minimal 30 menit sebelum keberangkatan.

Kekurangan dan Kelemahan (Resiko) Mudik / Bepergian Menggunakan Kereta api: 


  1. Jika terjadi kerusakan rel / jalan kereta maka sudah dipastikan jadwal keberangkatan kereta akan terganggu. Hal ini disebabkan jalan yang kereta lewati hanyalah rel kereta, kereta tidak bisa memutar bali atau cari alternatif jalan lain. 
  2. Tidak selalu tiket kereta mudah didapat. Terlebih ketika musim liburan panjang dan hari raya Idul fitri, sudah dipastikan anda akan berebut tiket via online yang belum tentu anda akan memperolehnya. Untuk orang yang kurang paham dengan tekhnologi maka untuk memperoleh tiket mudik lebaran saat ini sangatlah susah, sebab orang yang paham tekhnologi sajapun belum tentu bisa akses tiket hari raya.
  3. Ketika anda memilih mudik dengan moda transportasi kereta api maka anda harus benar-benar bisa disiplin waktu. Sebab jika anda telat 1 menitpun dari jadwal keberangkatan maka sudah dipastikan anda akan tertinggal kereta apinya. Saat ini jadwal keberangkatan kereta api sudah sangat hampir dipastikan tepat waktu.
  4. Tidak ada kompensasi yang jelas ketika kereta anda telat. Inilah hal yang sangat merugikan dari alat transportasi kereta api. Ketika anda telat 1 menit saja dari jadwal yang tertera di tiket maka anda sudah dipastikan anda akan ketinggalan kereta. Namun ketika kereta anda yang telat 10-20 menit bahkan 30 menit makan dari pihak PT. Kereta api tidak akan menggati biaya keterlambatan. Curang kan? hehe
  5. Sistem yang berubah-ubah. Ya, mulai bulan Mei 2016 kini diterapkan sistem Check in seperti ketika anda mudik menggunakan pesawatt terbang. Jadi kita tidak memiliki tiket lagi melainkan hanya memegang kode booking (struk pemesanan) yang nantinya akan dipake untuk cetak kartu check in maksimal 12 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Lalu bagaimana jika kita tidak jadi pergi dan ingin membatalkan tiket kereta? pusing kan? wkwkwk
Nah itulah yang bisa penulis bagikan kepada para pembaca sekalian tentang Kelebihan dan Kekurangan Mudik / Bepergian Menggunakan Kereta Api. Semoga bisa menambah wawasan dan semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika anda bingung memilih moda transportasi yang nyaman dan aman. Salam..

Kelebihan dan Kekurangan Mudik/Bepergian Menggunakan Kereta Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment