Monday, April 11, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic


Pada awalnya motor matic dibuat dan didesain untuk para wanita yang ingin bisa berkendara sepeda motor. Dengan mesin tanpa gigi mempermudah para ibu - ibu dan wanita untuk mengendarainya. Namun dewasa ini tidak hanya wanita yang menggunakan motor matic, tidak sedikit juga laki-laki menggunakan motor yang sebenarnya didesain untuk wanita ini. Dibandingkan dengan motor bebek atau motor jantan, motor matic memiliki harga yang relatif lebih murah. Disamping harga yang murah motor matic juga sangat mudah untuk dikendarai. Namun demikian, disamping kemudahan-kemudahan itu motor matic juga mempunyai kekurangan-kekurangannya loh.. Mau tahukah kalian? oke kita akan kupas lebih mendalam dalam artikel Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Matic. Kelebihan dan kekurangan motor matic ini berlaku untuk segala type dan merek produsen motor matic yang dipasarkan di Indonesia seperti: Honda; Vario, Beat, Spacy , Honda PCX 150 dan Scoopy. Yamaha; N-Max, Mio, X-Ride, Xeon, dan lain-lain. Lalu untuk Suzuki: Suzuki Spin, Suzuki Nex, Suzuki Hayate, Suzuki Burgman, Suzuki Sky, dan lain-lain. Serta banyak jenis dan merek motor matic lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Matic. Sumber gambar: otogrezz.com

Oke langsung kita bahas saja ya..
Kelebihan  dan Keunggulan Sepeda Motor Matic:

  1. Motor matic lebih memberikan kenyamanan. Ya, ini merupakan keunggulan yang dimiliki oleh motor matic, dengan menggunakan sepeda motor matic maka anda akan lebih mendapatkan kenyamanan berkendara. Body yang lebih rendahdibandingkan dengan motor laki-laki, sebenarnya desain motor matic dibuat khusus untuk perempuan, so pasti kenyamanannya sangat diutamakan. Anda tidak perlu menarik handle kopling, anda juga tidak perlu mengoper gigi, so, anda tinggal starter, duduk manis dan tarik gas. Anda siap meluncur dijalanan dengan santai, aman dan nyaman.
  2. Motor matic kebanyakan memiliki bagasi yang lebih besar dibanding dengan motor bebek dan motor laki. Bagi ibu-ibu yang suka belanja, mahasiswa atau mahasiswa yang suka bawa barang atau peralatan kuliah banyak, dengan motor matic maka masalah anda akan mendapat solusinya. Bagasinya yang besar bisa muat banyak barang bawaan atau barang dagangan anda seperti: jas hujan, buku, tas, jaket, baju ganti, barang belanjaan bahkan helm sekalipun bisa masuk bagasi  motor matic terbaru saat ini.
  3. Sepeda motor matic adalah sepeda motor yang netral. Hal ini disebabkan karena selain perempuan, saat ini laki-laki juga banyak yang menggunakan sepeda motor matic. Untuk orang yang sudah agak lansia juga bisa menggunakan sepeda motor matic, bahkan juga anak-anak sudah banyk yang mengendarai sepeda motor jenis ini, walalupun sebenarnya hal ini dilarang karena kebanyakan dari mereka belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
  4. Banyak toko spare part untuk sepeda motor jenis matic. Saat ini hampir dapat ditemui disetiap sudut kota atau kampung sebuah bengkel sepeda motor. Dan rata-rata mereka juga menjual spare part untuk motor matic.
  5. Mudah dimodifikasi. Bagi anda yang suka modifikasi motor atau hobi oprek motor maka motor matic bisa menjadi pilihan anda. Hal ini disebabkan karena memang tampilannya yang sudah cantik dan keren, kemudian dimodif maka tampilan sepeda motor matic anda akan lebih cantik dan mewah.
Kekurangan dan Kelemahan dari Motor Matic:
  1. Motor matic boros bensin? Benarkah demikian? Apakah motor matic boros bensin? Jawabannya ya, benar. Dibandingkan dengan motor bebek, ternyata sepeda motor matic memiliki konsumsi BBM lebih boros dibandingkan dengan sepeda motor bebek dari merek produksi yang sama. Hal ini penulis sudah membuktikan sendiri loh.. Dari beberapa survey yang penulis lakukan, benar saja hampir 90% dari orang yang ditana tentang motor matic mereka menyatakan motor matic memang sedikit lebih boros dibandingkan dengan motor gigi manual.
  2. Perawatan motor matic wajib rutin. Meskipun sebenarnya semua motor baik matic, bebek maupun motor jantan juga harus rutin dilakukan service yang berkala, namun motor matic harus mempunyai perhatian lebih ekstra, lebih sering dan banyak yang perlu diperhatikan. 
  3. Biaya service motor matic lebih mahal. Ya, benar sekali bahwa ternyata dalam lapangan membuktikan bahwa biaya service motor matic itu lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek dan motor jantan. Terlebih hampir semua motor matic saat ini sudah menggunakan tekhnik injeksi, sehingga sudah dipastikan perawatannya yang lebih sulit, biaya service nya pun akan lebih mahal.
  4. Diameter roda motor matic lebih kecil. Lalu apa yang diakibatkan dari roda motor yang kecil? Diameter roda yang kecil, motor matic cukup sensitif dengan permukaan jalanan. Apabila anda melalui lubang atau jalan yang bergelombang, maka motor jenis ini akan terasa lebih goyang. Terlebih ketika anda berboncengan kemudian melewati polisi tidur maka bagian terbawah motor akan sering bersinggungan dengan bagian polisi tidur.
  5. Motor matic tidak bisa digunakan untuk membawa beban yang berlebih. Hal ini disebabkan karena hampir semua motor matic di Indonesia hanya didukung dengan 1 buah shockbreaker saja. Berbeda dengan motor bebek yang selalu didukung dengan double shockbreaker sehingga memungkinkan untuk membawa beban berat. 
  6. Motor matic susah untuk dibawa touring jauh atau berkendara dalam jangka waktu lama, misal mudik dan lin-lain. Ya, memang benar motor matic memberikan kenyamanan yang lebih dibanding dengan motor bebek atau motor jantan. Namun ternyata motor matic tidak bisa dibawa untuk bepergian jauh, hal ini disebabkan karena posisi kita yang hanya terdiam tidak ada aktivitas kopling dan gigi memungkinkan kita untuk lebih mengantuk, pegal-pegal dan terasa cape juga. 
Demikianlah ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan motor matic dibandingkan dengan motor bebek dan motor jantan. Semoga tulisan yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Salam..

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment