Sunday, January 24, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Ketika Wawancara Kerja
Cara menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri sendiri ketika wawancara sebenarnya cukup simple dan mudah. Yang pertama ketahui dahulu apa kelebihan dan kekurangan yang anda miliki.  Bagaimana cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri? Bagaimana ya cara menjawab wawancara tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri? Untuk mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, kita terlebih dahulu harus bisa menghargai diri kita. Anda juga bisa bertanya kepada orang lain tentang kelebihan dan kekurangan diri anda. Berpikirlah bahwa tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin karena tidak pernah menghargai diri, kita seringkali lebih mudah untuk melihat kekurangan diri sendiri, fokus pada kekurangan diri adalah sesuatu yang tidak menguntungkan. Berfokuslah pada apa yang menjadi kelebihanmu, karena ada pepatah "tentang dua sisi mata kapak" yang satu tumpul dan yang lainnya tajam, mana yang lebih mudah di asah untuk menebang pohon? Ya, tentunya sisi yang tajam akan lebih mudah di asah dan cepat untuk bisa menebang pohon, sementara sisi yang tumpul akan lebih lama untuk mengasahnya. Begitu pula dengan kelebihan dan kekurangan diri kita, ketika kita fokus pada kelebihan yang kita punya maka kita akan lebih mudah mengasahnya untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidup kita.
Oke langsung kita bahas ya..

Contoh Kelebihan Diri Sendiri (pilih yang sesuai dengan diri anda) :

  1. Saya merupakan orang yang suka belajar, belajar sudah menjadi kebutuhan saya, sehingga ketika ada hal - hal yang baru saya sangat menyukai untuk mengetahuinya.
  2. Saya juga merupakan orang yang tidak mudah menyerah, sering saya gagal menggapai impian dan harapan namun saya selalu bangkit dan berusaha untuk mencapainya, sebab ketika saya terus terpuruk saya tidak akan mendapatkan apapun dan saya akan semakin terpuruk.
  3. Saya juga menyadari saya orang yang pelupa, namun saya selalu berusaha untuk menghindari kekurangan saya.
  4. Saya selalu berusaha untuk tidak mendengarkan segala apapun yang dapat menyurutkan semangat saya.
  5. Saya selalu yakin dengan diri sendiri dan selalu konsekuen dengan keputusan yang saya buat.
Contoh Kekurangan Diri Sendiri (pilih salah satu) : 
  1. Pesimis (mudah menyerah). 
  2. Takut di caci maki atau ditegur atas perbuatan kita meskipun sebenarnya teguran itu akan membawa saya pada perubahan besar yang lebih baik.
  3. Iri hati yang negatif ( iri itu boleh tapi yang membahwa kita pada perubahan menjadikan kita berpola pikir kritis dan bersemangat untuk berubah menjadi lebih baik atau memotivasi). 
  4. Tidak percaya akan diri sendiri. Mudah terkecoh dan percaya pada orang lain. Kurang yakin terhadap hasil pekerjaan sendiri.
  5. Mudah menyerah. Hal ini merupakan kekurangan diri saya yang sangat susah saya hilangkan terlebih jika tidak ada dukungan dari teman-teman atau keluarga.
Itulah beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri anda ketika anda sedang wawancara kerja. Tulisan contoh kelebihan dan kekurangan diri ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda saat interview.
Semoga bermanfaat..


Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment